Belajar Matematika Mudah Dan Menyenangkan

Banyak siswa merasa sulit mempelajari matematika, sesungguhnya matematika itu mudah dan mengasikkan, bagaimana caranya nantikan beritanya...!

Kamis, 18 Maret 2010

Dampingi atau Bersama-sama Belajar

Malam hari umumnya digunakan orang tua untuk meminta anaknya belajar.......apakah ini masih relevan....? dengan situasi dan kondisi saat ini yang sangat jauh berbeda dengan jaman ataupun masa saat orang tua nya sekolah dulu......Coba saja perhatikan ...berapa lama saat ini seorang anak belajar di sekolah....berapa lama dia mengikuti kursus atau bimbingan belajar....berapa lama waktu yang dibutuhkan anak untuk mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.....luar biasa....!

Umumnya seorang anak atau siswa sudah lelah ketika dia harus kembali ke rumah ....dan pada malam hari itulah dia perlu istirahat, apakah itu tidur atau refreshing dengan menonton TV, bercengkerama atau mungkin berinteraksi dengan teman-temannya di dunia maya.....melihat kondisi seperti ini harusnya orang tua bangga.....karena di satu sisi anak telah memenuhi keinginan orang tua dengan mengikuti berbagai kegiatan disisi lain anak telah dapat membagi waktunya sendiri.....!

Ada satu sisi yang kurang bagi si anak...dimana pada malam harinya masih diharuskan belajar....sementara di siang hari kegiatannya begitu padat.....dapat dibenarkan kah hal demikian.....?! berkacalah kepada orang tuannya...karena anda pun bekerja memerlukan istirahat, sedangkan anak pun juga demikian.....kebiasan disiplin itu baik. tapi bila tidak diimbangi dengan waktu yang cukup untuk istirahat akhirnya anak pun tidak dapat bersosialisasi yang akan mengakibatkan jauh dari lingkungan sekitarnya.....padahal nantinya dunia sekitarnya pun yang akan menjadi sarana bagi kehidupannya.....

Kita harus dengan jeli melihat kebiasaan anak baik di siang hari maupun di malam hari.....banyangkan saja...siang hari dengan begitu banyak kegiatan malam harinya masih harus belajar....sementara orang tuanya asik menonton TV atau berinteraksi dengan teman-temannya di dunia maya....ironis sekali disatu sisi orang tua menginginkan anak belajar disisi lain orang tuanya santai dengan menonton TV......adilkah....? contoh yang baikkah...? mungkin bagi anak yang remaja dapat menerima hal ini sebagai hal yang biasa....bagaimana untuk anak-anak dengan masa pendidikan SD atau usia dini.......?

Berilah contoh dengan selalu mengajak anak belajar bersama....khususnya dimulai dari anak dalam masa Pendidikan Usia Dini....misalnya kita menyuruh anak belajar.....mari segala sarana hiburan kita hentikan ...seperti matikan TV, matikan internet....biasakan saat anak belajar didampingi atau sambil membaca buku, atau majalah atau koran....sehingga pada usia nya yang muda dia sudah mengerti bahwa belajar itu adalah suatu tindakan kebutuhan yang mutlak bukan "...kewajiban...!"..kalau sudah begini....Insya Allah...dikemudian hari..tanpa disuruh pun anak akan menyelesaikan tugas nya dan belajar.....!

Best Regards,
Gatot Poernomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, kriti dan saran anda...untuk pemgembangan dan perbaikan Blog ini...!